Hand Phone Qwerty Keyboard Mirip Blackberry 2,5 Jutaan

Posted 09.52 by popo in Label: , , , , , , , , ,

image Demam Blackberry terjadi di mana-mana, termasuk ABG sampai ibu rumah tangga, dari pelajar SMP sampai para profesional, dari orang biasa sampai selebriti. Blackberry sudah menjadi sebuah simbol status kelas menengah ke atas. Memang, Blackberry menyasar pasar kelas menengah ke atas.

Lalu bagaimana dengan mereka yang tidak mampu membeli Blackberry tetapi ingin juga merasakan memiliki hape Blackberry? Tren ini dimanfaatkan dengan baik oleh Nexia yang mengeluarkan produk yang mirip dengan desain Blackberry dengan harga kurang dari satu juta, dan ternyata laku keras. Tetapi masih ada gap, dimana orang-orang yang masuk ke golongan ini adalah orang yang menginginkan Blackberry namun merasa belum mampu atau malah merasa sayang untuk mengeluarkan uang semahal itu untuk sebuah hape dan ada juga yang merasa malu atau gengsi menggunakan Nexia-berry. Kalau kamu termasuk ke golongan yang terakhir, tidak perlu khawatir, di pasaran tersedia juga hape qwerty dengan harga berkisar 2,5 juta sampai 3 juta rupiah dan datang dari produsen hape ternama seperti Nokia, Motorola dan Samsung. Harga lebih murah dari Blackberry dan lebih bergengsi dibandingkan Nexia. Tipe yang tersedia adalah Nokia E63, Motorola Q9h, dan Samsung C6625. Sebelum memutuskan untuk membeli salah satunya, simak dulu ya review berikut ini.

HARGA_________________________________________________________________

Dilihat dari harga, bila diurutkan dari yang termahal ke murah adalah Nokia E63 berharga 3 juta, Motorola Q9h seharga 2,6 juta, dan Samsung C6625 dengan harga paling murah yaitu 2,475 juta rupiah. Samsung C6625 selain unggul di sisi harga, dia juga paling terakhir diluncurkan, alias paling baru.

DESAIN_________________________________________________________________

Ketiga hape mengambil desain mirip Blackberry dan keyboard qwerty lengkap dengan layar berorientasi landscape (horizontal). Dibandingkan dengan yang lain, Nokia E63 mempunyai ukuran paling kecil dan paling ramping. Sedangkan Motorola Q9h dan Samsung C6625 terlihat lebih besar.Namun dari segi kualitas casing, Motorola Q9h terasa lebih solid dibandingkan pesaingnya.

image

INTERFACE______________________________________________________________

Nokia E63 menggunakan OS Symbian S60 3rd edition FP2. Sedangkan Motorola Q9h menggunakan Windows Mobile smartphone versi 6.0 dan Samsung C6625 dengan Windows Mobile versi 6.1. Ketiga-tiganya tidak menggunakan layar sentuh. Mereka dilengkapi dengan keyboard yang nyaman digunakan dan dukungan full qwerty.

OFFICE_________________________________________________________________

Samsung C6625 dilengkapi dengan Windows Office Mobile yang memiliki kompatibilitas paling baik dengan file dokumen office seperti words, excel, dan powerpoint. Sedangkan Motorola Q9h, walaupun didukung oleh Windows Mobile harus menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu DataViz, yang kemampuannya tidak kalah dari Office Mobile bawaan Windows.

Sedangkan Nokia E63 seperti pada produk lainnya masih setia menggunakan Quick Office yang juga memiliki kompatibilitas luas terhadap file dokumen.

INTERNET______________________________________________________________

Motorola dan Samsung unggul di sisi teknologi akses data 3,5G (HSDPA), dengan kecepatan maksimal 3,6 Mbps namun sayang tidak dilengkapi jalur WiFi. Sedangkan Nokia E63 masih mengandalkan jaringan 3G berkecepatan 384 Kbps, dan ditambah dengan WiFi.

MULTIMEDIA____________________________________________________________

Samsung dan Motorola dipersenjatai dengan aplikasi multimedia yang setara. Hal ini karena penggunaan sistem operasi yang sama. Sedangkan Nokia lebih baik karena fleksibilitas OS yang dibawa.

Ketiganya dilengkapi kamera 2 megapiksel, namun tidak menyediakan fitur fotografi yang lengkap. Kualitas fotonya tidak jauh berbeda. Hanya saja Nokia dengan softwarenya mampu menerjemahkan warna lebih baik daripada Motorola dan Samsung.

GPS____________________________________________________________________

Hanya Samsung C6625 yang dilengkapi perangkat GPS internal. Dipadukan dengan Google Map, maka fitur ini dapat digunakan untuk navigasi yang lebih baik.

BATERAI________________________________________________________________

Nokia menggunakan baterai dengan kapasitas paling besar, yaitu 1500 mAh. Tanpa GPS dan HSDPA, baterainya mampu bertahan lebih lama dibandingkan dengan yang lainnya.

SPESIFIKASI_____________________________________________________________

image

Nah, setelah membaca review di atas, silakan pilih hape yang sesuai dengan kebutuhan dan ketertarikan anda. Karena secara umum, ketiganya mempunyai fitur-fitur yang setara.

Sumber : Pulsa Buyer’s Guide No. 29/Juli 2009 dan beberapa sumber di internet



1 comment(s) to... “Hand Phone Qwerty Keyboard Mirip Blackberry 2,5 Jutaan”

1 komentar:

dewi mengatakan...

katanya malah ada blackberry yang di bawah 1,5 jutaan yah, kalo ga salah yang refurbishan gitu...saking banyaknya harga jadi terbanting-banting gitu...sukses yah...



Poskan Komentar